Halo STroopers,

Seperti yang kalian tau, sponsorship adalah sebuah kegiatan dalam mendukung kebutuhan finansial maupun non finansial untuk sebuah organisasi, perorangan ataupun penyelenggara sebuah acara. Di dalam aktivitas sponsorship sendiri pasti melibatkan dua pihak yaitu antara pemberi dukungan atau yang biasa disebut pihak sponsor dan juga pihak penerima dukungan (sponsee).

Di artikel-artikel sebelumnya, kita sudah membahas mengenai pentingnya sponsorship dalam penyelenggaraan sebuah event / acara, nah bagaimana dengan untuk pihak sponsor sendiri?
Apa saja sih benefit dalam menjalankan aktivitas sponsorhip bagi para pemberi sponsor terutama untuk perusahaan?

Yuk simak beberapa alasan mengapa aktivitas sponsorship menjadi penting untuk dijalankan oleh sebuah perusahaan.

1. Meningkatkan Brand Awareness Perusahaan
Dengan melaksanakan aktivitas sponsorship, tentunya sebuah perusahaan dapat meningkatkan brand awareness atau kesadaran akan produk dari perusahaan tersebut. Apalagi kalau event / acara yang disponsori memiliki target pengunjung yang sesuai dengan target dari perusahaan. 
Sebagai contoh, sebuah perusahaan minuman olahraga (sport drink) mensupport sebuah event marathon, maka tentu citra dari perusahaan tersebut akan semakin kuat di benak pengunjung / peserta event tersebut. Apalagi kalau kegiatan sponsorship dapat dilakukan secara berkelanjutan.

2. Meningkatkan Exposure dari Perusahaan / Brand
Dalam menjalankan suatu acara / event tentunya penyelenggara juga akan melibatkan media untuk meliput atau mempromosikan acara mereka. Hal ini tentunya juga akan berdampak ke pihak sponsor yang mensupport acara tersebut. Secara tidak langsung, brand akan mendapatkan exposure atau sorotan dari beberapa media yang bekerjasama dengan event.

3. Mampu Berhubungan Secara Langsung ke Konsumen.

Berbeda dengan kegiatan marketing lainnya, kegiatan sponsorship tentu akan langsung bersentuhan dengan target pengunjung di suatu event, sehingga pengalaman menggunakan atau merasakan manfaat dari sebuah produk sponsor akan lebih mudah diraih oleh sebuah produk. 
Contohnya adalah dengan mengadakan sedikit kegiatan aktivasi ataupun memasang sebuah booth pada sebuah acara, maka produk akan dengan mudah berinteraksi dengan para pengunjung dan bisa mendapatkan feedback secara langsung dari pengunjung acara

4. Menghemat Biaya Marketing dari Perusahaan
.
Dibandingkan beberapa aktivitas marketing lainnya seperti iklan di televisi, billboard maupun media lainnya, biaya aktivitas sponsorship marketing bisa dibilang masih di bawah dari biaya beriklan lainnya.
 Karena dengan menjalankan paket sponsorship, biasanya sebuah produk bisa mendapatkan exposure lebih dari satu media publikasi untuk sebuah event.
Selain itu target yang didapat pun biasanya lebih sesuai dengan karakteristik dari suatu produk tersebut.

5. Meningkatkan Citra Positif Sebuah Perusahaan

Di dalam aktivitas sponsorship juga terkandung fungsi public relation yaitu untuk meningkatkan image/citra dari perusahaan tersebut. 
Seperti yang dijelaskan pakar periklanan Frank Jefkins, salah satu manfaat sponsorship bagi perusahaan adalah untuk memperlihatkan niat baik organisasi/perusahaan dalam melaksanakan tanggung jawab sosialnya.
Misalnya, sebuah perusahaan mendukung event Gerakan Lingkungan secara konsisten, maka secara perlahan akan terbentuk sebuah citra bahwa perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang perduli terhadap lingkungan di benak konsumen.

Jadi untuk STroopers, sebelum membuat sebuah proposal sponsorship akan lebih baik bisa mengetahui beberapa manfaat dan pentingya sponsorship untuk sebuah produk sehingga ketika kalian membuat suatu acara dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dari setiap produk yang ingin kalian ajak bergabung menjadi sponsor ya guys!

Find Your Sponsor