Selain untuk meningkatkan nama sekolah, pensi juga dianggap sebagai pembuktian jati diri oleh anak muda. Nah, untuk membuat sebuah acara yang apik, dibutuhkan dukungan dana yang besar, dari pihak eksternal atau biasa kita sebut dengan sponsorship. Tetapi, terkadang banyak dari kita tidak mengetahui cara untuk mendapatkan dana tersebut. Bahkan ada yang malah menggunakan cara-cara tidak elegan seperti berjualan, mengalang dana, atau bahkan patungan antar anggota. Duh, masih jaman cara seperti itu?
Sebenarnya, hal apa saja sih yang harus ada di dalam sponsorship proposal?
1. Konsep Acara
Acara yang ingin diadakan seperti apa, harus dijelaskan didalam proposal. Tujuan acara, sasaran acara, tema dan bahkan guest star juga harus dijelaskan ya!
2. Waktu & Tempat
Kapan dan dimana acara akan berlangsung. Tulislah sedetail mungkin waktu pelaksanaan, meliputi hari, tanggal, dan jam berlangsungnya. Karena apabila jeda waktu terlalu sempit dengan hari H acara, maka harapa untuk mendapatkan sponsor semakin kecil. Mengapa? Karena dari hal tersebut dilihat keseriusan pihak penyelenggara dalam mepersiapkan  acara!
3. Penyelenggara
Siapa pihak penyelenggara event atau pensi? Harus dijelaskan juga sedetail mungkin. Karena jika ternyata pihak penylenggara telah terlebih dahulu pernah membuat pensi dan sukses, sponsor tidak segan untuk memberikan dukungan dana!
4. Jenis Kegiatan
Jenis acara pun harus dijelaskan, apakah seminar, atau talkshow, atau pensi? Karena, dari hal tersebut sponsor bisa memutuskan hal apa yang akan diberikan kepada penyelenggara event.
5. Target Penonton/Peserta
Target peserta dan jumlah penonton juga menjadi pertimbangan bagi sponsor untuk menyuntikan dana kepada event. Apabila target penonton besar, maka menjadi kesempatan bagi sponsor untuk melakukan promosi. Saling menguntungkan bukan?
6. Dokumentasi dan Data Event Sebelumnya
Agar sponsor tahu bagaimana kesuksesan event atau pensi kamu sebelumnya!
7. Benefit untuk Sponsor
Lalu, yang terakhir adalah benefit untuk sponsor. Benefit apa yang akan diterima oleh pihak sponsor apabila menjadi sponsorship dalam event? Maka, dengan adanya benefit, sponsor tidak akan segan memberikan suntikan dana.
Sekian deh STroopers! Jika ingin membuat proposal sponsor, jangan lupa sertakan hal-hal di atas yaaaa!
Intinya tetap buat proposal kamu simpel dan tidak bertele-tele 🙂
Find Your Sponsor