Proposal acara dibutuhkan saat mengajukan kerja sama sponsorship. Sebelumnya kamu sudah mengetahui cara membuat proposal yang menarik itu seperti apa. Sekarang kita punya tips membuat proposal acara yang ideal, gunanya agar acara kamu banyak didukung oleh perusahaan sponsor dan juga media partner.

Nah proposal yang ideal itu seperti apa sih? Yuk, simak tips berikut!

1. Deskripsi Acara

Bagian pertama ini, kamu harus menjelaskan acara yang akan kamu jalankan. Saat menulis deskripsi acara, tidak perlu detail. Tonjolkan bagian-bagian yang penting saja. Seperti latar belakang, tema, isi acara serta pelaksanaan acara. Agar sponsor langsung paham isi dari acara kamu.

2. Unique Selling Point (USP)

Hal ini juga nggak boleh terlewat, nih! Unique Selling Point atau nilai jual dari acara yang kamu jalani ini penting. Dengan adanya nilai jual, sponsor akan tertarik untuk mendukung acara kamu. Lalu, bagaimana cara mengetahui nilai jual dari acara kamu ya? Pastikan acara kamu memiliki keunikan yang berbeda dari acara lain. Bisa juga dari aspek lain seperti target penonton dengan jumlah besar.

3. Pengisi Acara

Pengisi acara yang keren juga menjadi salah satu pertimbangan sponsor untuk mendukung acara kamu. Bintang tamu yang keren dapat memprediksi banyaknya jumlah penonton yang akan hadir. Bila belum ditentukan, masukkan wish list guest star yang acara kalian inginkan.

4. Info Grafik History Data

Masukkan data grafik dari tahun ke tahun. Bisa dari jumlah tiket yang terjual, jumlah penonton, daftar sponsor, media partner dan juga bintang tamu. Masukkan data grafik yang mengalami kenaikan ya, STroopers! Agar sponsor yakin acara kamu patut untuk didukung. Bila ini acara pertama kamu, masukkan jumlah target yang kamu inginkan.

5. Coverage Area

Maksud dari bagian ini, kamu harus tentukan daya jangkau area yang acara kamu buat. Apakah acara kamu mencakup tingkat se daerah, tingkat nasional dan sebagainya. Semakin besar cakupan area yang kamu pilih, semakin besar juga kemungkinan sponsor akan dukung acara kamu. Karena sponsor ingin meluaskan tingkat awareness dari produknya.

6. Benefit Sponsor

Apabila kamu ingin mengajukan acara kamu ke sponsor, kamu harus memasukkan tawaran benefit kepada sponsor. Seperti, konsep apa yang kamu buat dalam mempromosikan sponsor tersebut. Usahakan dibuat secara singkat seperti dibuat ke dalam tabel, agar mempermudah sponsor.

7. Asset yang Dimiliki

Berkaitan dengan poin sebelumnya, cantumkan asset-asset dari acara yang kamu. Misalnya jumlah poster yang akan dicetak, jumlah followers dari akun media sosial, jumlah booth atau tenant yang dapat mengisi acara kamu dan sebagainya. Sertakan juga desain peletakan logo untuk sponsor dalam asset yang acara kamu.

8. Testimoni dari Kesuksesan Acara Sebelumnya

Last but not least, bagian ini juga penting agar sponsor yakin untuk mendukung acara yang kamu buat. Testimoni yang dimasukkan bisa dari berbagai pihak, bisa dari salah satu tenant yang mendukung tahun lalu atau dari media partner yang bekerja sama. Tidak perlu terlalu banyak dan terlalu panjang, yang penting testimoni yang baik dari acara kamu!

 

Sekarang sudah tahukan proposal acara yang ideal itu bagaimana. Coba selipkan poin-poin di atas ke dalam proposal acara kamu, pasti akan banyak sponsor yang mendukung acara kamu. Selamat mencoba, STroopers!

 

Find Your Sponsor