Halo, STroopers! Pasti buat kamu yang aktif berorganisasi sudah sering mengikuti kegiatan kepanitaan dong? Nah bagaimana dengan teman-teman lain yang tidak gabung dalam organisasi? Apakah pernah atau bahkan aktif dalam suatu acara dan kepanitiaan? Saran dari ST22 Consulting buat para STroopers, walau kamu bukan anak organisasi, setidaknya kamu harus coba untuk belajar membuat acara atau menjadi anggota kepanitiaan di suatu event. Agar kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat berikut guys;

1. Menambah Teman

Ketika kamu mengikuti kegiatan baru, kamu pasti akan bertemu dengan orang-orang baru. Dengan begitu, kamu akan menjalin pertemanan baru dengan yang lainnya. Ada banyak keuntungan dari mempunyai banyak teman. Misal, kamu dapat bekerja sama atau dapat dibantu dengan orang yang memiliki passion yang sama dengan kamu. Di masa depan, kalian bisa menciptakan usaha atau bisa menjadi teman kerja karena passion yang kalian miliki.

2. Mengenal Karakter Orang Banyak

Berkaitan dengan poin sebelumnya, dengan adanya teman baru kamu pasti akan belajar mengenal berbagai karakter panitia lain. Mengenal karakter panitia itu penting loh. Kamu dapat menghindari perpecahan antar panitia, karena kamu sangat mengenal karakter panitia lain. Sehingga, kamu paham bagaimana harus bersikap dan bertindak. Selain itu, kamu juga bisa tahu panitia lain menguntungkan atau bahkan dapat merugikan dalam kepanitiaan. Maka, kamu bisa mengoreksi sikapnya agar acara berjalan dengan lancar.

3. Menambah Pengalaman

Mengikuti kepanitiaan acara sama saja dengan kamu belajar berorganisasi. Kamu dan panitia lain memiliki tujuan yang sama. Pengalaman mengikuti kepanitiaan atau berorganisasi dapat menguntungkan di dunia kerja. Semakin banyak mengikuti kegiatan acara, kamu akan dianggap mampu untuk bekerja sama, bersosialisasi, bernegosiasi dan juga menghadapi masalah. Karena di dunia kerja dibutuhkan orang yang mampu bersosialisasi.

4. Belajar Mengatur Waktu

Meskipun sedang menjalankan sebuah acara, kamu juga harus mempertahankan nilai kamu di sekolah atau kampus. Kamu juga akan belajar membagi waktu antara belajar dan kepanitiaan. Selain itu, menjaga pola makan yang teratur, olah raga, bertemu dengan keluarga dan teman juga termasuk usaha membagi waktu. Meskipun sulit, kamu pasti akan terbiasa. Bukan hanya jago di akademis, tapi juga di non akademis.

5. Menghadapi Masalah

Sebuah acara tidak mungkin berjalan dengan mulus. Pasti akan ada masalah yang datang, baik kecil maupun besar. Masalah bisa datang darimana saja, bisa dari pihak sekolah, pihak sekolah atau bahkan internal kepanitiaan kamu sendiri. Kesolidaritasan antar panitia dibuktikan, karena kalian akan bekerja sama dan berpikir menyelesaikan masalah bersama. Semakin sering menghadapi masalah, kamu akan terlatih untuk berpikir untung dan rugi dari setiap pilihan yang diambil. Selain itu, kamu juga melatih mental kamu karena bekerja dalam keadaan penuh tekanan.

Gimana, STroopers? Sudah tahukan keuntungan dari mengikuti kegiatan kepanitiaan. Jadi jangan ragu lagi untuk menantang diri kamu untuk lebih baik lagi. Karena keuntungannya dapat dirasakan juga di masa depan nanti.

 

Find Your Sponsor