Bagi kita yang akan mengadakan event atau pensi, pasti tidak asing dengan yang namanya sponsor. Secara, sponsor ada bentuk penunjang untuk berjalannya suatu acara/event. Seperti kita tau mendapatkan sponsor emang gak gampang, kita harus mengetahui segala hal tentang sponsorship. Seperti jenis-jenis sponsor, benefit yang diberikan oleh sponsor dan lain-lain.

Dan tahukah kalian, ada yang namanya sponsor tunggal dan sponsor utama. Kira-kira sama gak sih?

Nah, ternyata berbeda loh. Berikut penjelasannya:

  1. Sponsor Tunggal

Sesuai dengan namanya, sponsor tunggal yang berarti satu-satunya. Saat kalian mendapatkan sebuah brand sebagai sponsor tunggal, itu tandanya kalian panitia event tidak perlu lagi untuk mencari-cari sponsor lain. Karena seluruh biaya operasional event kalian akan ditanggung oleh sponsor tunggal tersebut.

Jadi panitia event bisa fokus menyukseskan acara kalian agar berjalan dengan baik. Karena, jika sudah mendapatkan sponsor tunggal, banyak hal yang harus ditepati agar sponsor tidak kecewa dengan kerjasama yang terjalin.

  1. Sponsor Utama

Laluuu, kalau sponsor utama adalah sponsor yang memberikan kontribusinya terhadap event sebesar lebih dari 50% total anggaran. Namun, karena hanya lebih dari 50%, sisa biaya operasional ditanggung oleh sponsor lain.

Tetapi, sponsor utama mempunyai beberapa hak ekslusif seperti penempatan logo dan banner yang lebih besar dibandingkan sponsor lain. Selain itu, penyelenggara event juga memastikan tidak adanya produk kompetitor yang menjadi sponsor lain di dalam event.

Nah STroopers, udah tau kan bedanya sponsor tunggal dan sponsor utama? Kalau kalian mengetahui banyak hal tentang sponsorship, dijamin mencari sponsor akan terasa lebih mudah!

Find Your Sponsor